Batu Akik

Batu Akik Kalimaya Hitam Atau Black Opal

By

on

Batu akik Kalimaya Hitam atau yang dikenal secara internasional sebagai Black Opal termasuk batu permata yang memiliki harga 10 termahal di dunia. Oleh karena itu, memiliki batu akik yang berkualitas menjadi kebanggaan tersendiri bagi gemslover (pecinta batu akik). Namun, untuk mendapatkan batu akik yang benar-benar berkualitas, harga yang harus anda bayar pun tidak murah. 
Harga batu Kalimaya hitam bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk yang memiliki kualitas bagus. Karena harga yang cukup mahal inilah yang menjadikan tidak banyak orang yang memiliki batu mulia yang berkualitas sesuai dengan keinginan.
Oleh karena itu, muncullah ide untuk menjadikan batu Black Opal lebih berkualitas, yaitu dengan melakukan beberapa treatment agar mengeluarkan kembang atau jaron dari dalam batu akik ini. 
Bagi para pecinta batu akik, rasanya kurang lengkap jika tidak memiliki batu akik yang berkualitas. Harga yang mahal tidak dijadikan halangan untuk memiliki batu yang indah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat batu Kalimaya hitam asal Banten ini menjadi berkualitas, yaitu dengan merendam batu akik dengan air hujan.
Caranya adalah dengan memasukkan batu ke dalam sebuah toples atau botol yang telah diisi air hujan kemudian di tutup dengan rapat. Kemudian jemur toples atau botol dalam keadaan masih tertutup. Cara yang lain adalah dengan merendam batu akik ke dalam cairan isotonic, lakukan seperti cara pertama. Atau bisa juga melakukan pemanasan pada batu melalui bara api.
Cara terakhir ini dapat dilakukan dengan membungkus batu Kalimaya dengan alumunium oil, lalu panggang di atas bara api selama beberapa menit, kemudian angkat. Cara yang terakhir ini tidak begitu dianjurkan, kecuali hanya untuk percobaan.
Beberapa treatment untuk mengeluarkan jarong pada Kalimaya hitam bisa dilakukan untuk batu akik yang sudah jadi atau yang masih mentah. Arong adalah sesuatu dari batu akik yang membuatnya terlihat lebih berkualitas. Beberapa treatment yang telah dijelaskan di atas tidak lantas dapat menjamin keluarnya jarong black opal yang sesuai dengan keinginan. Kualitas tergantung pada bahan baku batunya, dan yang terpenting adalah kenali dulu batu akik kalimaya hitam anda.

Incoming search terms:

Komentar