Bacan

Batu Akik Bacan Doko Dari Maluku

By

on

Batu Akik Bacan Doko adalah salah satu jenis batu mulia yang saat ini menjadi primadona oleh para pecinta batu akik. Batu cincin Bacan menurut jenisnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu batu Bacan Doko, dan batu Bacan Palmea. Kedua jenis ini memiliki warna dan corak yang berbeda-beda, namun keduanya sama-sama memiliki nilai jual yang bisa dibilang sangat mahal. Nilai jual yang tinggi ini disebabkan jenis batu ini dianggap sebagai batu hidup.
Konon, layaknya makhluk hidup lainnya, batu ini juga tumbuh. Hal ini bisa dilihat ketika batu mulai bermetamorfosis atau berubah dengan sendirinya. Batu Bacan mampu merubah warnanya dari yang awalnya hitam menjadi hijau yang sangat mengagumkan. Kenapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan batu bacan memiliki serat batu yang padat dan banyak yang secara perlahan akan berubah menjadi bening dan mengkristal. Waktu yang dibutuhkan untuk berubah pun sangat lama, bisa dalam hitungan tahun.
Keunikan batu akik jenis ini tidak berhenti sampai dapat bermetamorfosis saja, batu ini juga dapat menyerap senyawa yang berada di dekatnya. Misalnya jika kita mendekatkan batu bacan ini dengan sebutir emas, maka lama kelamaan jika kita memperhatikan dengan jeli batu ini, pada permukaannya akan muncul bintik-bintik keemasan.
Beberapa kelebihan batu inilah yang kemudian menyita perhatian kolektor dari berbagai penjuru dunia, seperti dari Hegara Cina, Arab, dan bahkan Eropa ikut mengagumi keindahan dari batu Bacan ini. 
Batu Bacan Doko sendiri memiliki ciri khas berwarna hijau tua, memiliki tekstur yang sangat keras, yaitu sebesar 7,5 Mohs, yang bisa dibilang setara dengan batu Jamrud dan juga melebihi kekerasan batu giok. Batu Bacan Doko bisa bertahan lebih lama dari segala jenis batu akik lainnya. Bahkan, semakin tua umur batu Bacan Doko, maka keindahannya pun akan terus bertambah.a
Harga batu Bacan Doko untuk satu butirnya bisa mencapai Rp 5 juta sampai 10 juta, sedangkan dalam bentuk bongkahan harganya lebih fantastis, yaitu bisa mencapai Rp 200 juta. Harga batu Bacan Doko juga tergantung dengan kilau warna dan kualitas batunya.

Komentar