Engineering

Bahan Pembuat Kampas Rem Yang Umum Dipakai

on

Bahan pembuat kampas rem. Kampas rem bisa dibilang sebagai nyawa dari kerja komponen rem. Kerja penghentian laju kendaraan sangat berkantung dengan seberapa mampu kampas rem dan bidang gesek menahan gaya yang dikenakan kepadanya. Orang-orang semakin perhatian dengan kualitas kampas rem dan ramah tidaknya produk tersebut terhadap lingkungan. Dulu bahan kampas rem terbuat dari asbes yang ternyata setelah diuji tidak ramah lingkungan. Bahan kampas yang terbuat dari asbes ini banyak digunakan pada kendaraan keluaran tahun 90-an.

Namun bahan ini sudah lama ditinggalkan karena kemampuan yang dimiliki dirasa kurang dibandingkan dengan kekuatan mesin motor era ini. Awalnya kampas rem yang terbuat dari asbes semuanya diimpor dari luar negeri, namun kini produsen lokal sudah mampu membuatnya sendiri.

Bahan rem asbes terdiri dari asbestos 40%, resing 12%, BaSO4 14% sedangkan sisanya berupa sisa ban bekas, tembaga dan frict dust untuk meningkatkan gaya gesek.

Permasalahan bahan asbes timbul dari penggunaan resin yang terlalu banyak untuk meningkatkan ikatan antar partikel sehingga rem menjadi keras. Namun efeknya bidang gesek menjadi cepat tipis.

Solusinya adalah dengan membuat kampas tersebut menjadi setengah matang sehingga lunak. Namun pada akhirnya setelah terkena panas bahan tersebut tetap menjadi keras. Inilah mengapa seringkali ketika awal dipakai serasa masih lunak namun lama-kelamaan menjadi keras.

Debu dari pemakaian kampas asbes sangat berbahaya, inilah mengapa kampas asbes tidak ramah lingkungan. Debu yang dihasilkan dari kampas asbes sangat ringan, lembut, halus dan cenderung melekat pada benda non-asbes. Ketika debu asbes ini terhisap manusia maka orang tersebut akan menyebabkan asbestosis yang bersifat karsinogen atau mengendap dalam tubuh. Itulah kenapa syarat untuk standard Eropa, JASO dan SAE harus non-asbes.

Toleransi panas asbes juga tidak sesuai dengan kecepatan kendaraan sekarang ini. Sehingga membahayakan pengereman. Solusi untuk keadaan seperti ini adalah menggunakan kampas non-asbestos yang bisa saja terbuat dari Kevlar, Rockwell dan resin. Pastikan anda memilih bahan kampas yang sesuai dengan kebutuhan anda dan utamakan untuk selalu mengecek kondisi kampas rem anda.

Incoming search terms:

Komentar