Otomotif

Bagian Dalam Komponen Utama Aki Kering dan Aki Basah

on

Accu atau aki merupakan sebuah bagian yang sering diketahui ada pada suatu kendaraan sebagai salah satu komponen utama sebuah mesin. Pada motor/mobil yang anda miliki di rumah pasti memiliki aki, karena pada kendaraan tersebut aki ini berfungsi sebagai tenaga yang akan memberikan suplai atau tenaga listrik untuk stater motor. Selain itu aki/accu berfungsi meyimpan arus listrik dalam kendaraan untuk memberikan pasokan tenaga listrik yang akan di distribusikan ke komponen-komponen listrik lainnya diseluruh bagian mobil.

Sebenarnya menurut pengertiannya, aki/accu disebut sebagai akumlator yang merupakan sebuah alat/komponen listrik yang berfungsi menyimpan energi/tenaga listrik dalam bentuk energi kimia. Dalam beberapa produk aki ternyata produsen banyak memberikan atau mengeluarkan jenis aki sangat beragam tergantung kebutuhan dari mesin/sistem kelistrikannya. Aki di produksi bertegangang 12 volt dan 24 volt.

Biasanya aki 12 volt digunakan untuk kendaraan roda dua, sedangkan aki 24 volt digunakan untuk kendaraan roda 4 atau lebih. Sebenarnya batery juga merupakan sebuah akumulator, namun orang sudah terbiasa membedakan antara batery dan aki berdasarkan keperluannya.

Selain perbedaan voltase aki tersebut ternyata aki juga mengeluarkan dua jenis aki yaitu aki basah dan aki kering. Kemunculan aki basah memang sudah kita kenal sejak dahulu yaitu aki yang pada intinya dapat digunakan berulang kali dengan menambahkan larutan asam sulfat apabila dirasa aki tersebut kekurangan energi atau sudah lemah. Hal ini bisa dianggap lebih mudah untuk beberapa kalangan karena menurut mereka aki basah lebih mudah perawatannya dan lebih lama masa pakainya.

Sedangkan aki kering muncul untuk memberikan kemajuan teknologi yang ramah lingkunan tanpa menggunakan larutan asam (H2SO4) dan bebas perawatan. Namun beberapa orang masih kurang menyadari akan hal ini karena nilai ekonomis yang lebih tinggi di bandingkan dengan aki basah.

Sebenarnya untuk komponen-komponen utama dari aki basah dan aki kering ini tidak berbeda jauh, hanya saja ada beberapa bagian yang ditiadakan dan ada yang di munculkan. Komponen utama aki basah hanya terdiri dari timbal (Pb) dan larutan asam (H2SO4). Sedangakan komponen utama aki kering terdiri dari anoda zinc (zn), katoda grafit, pasta MnO2, NH4Cl dan serbuk karbon. Selain komponen itu beberapa bagian aki lainnya yang sering kita dengar adalah sel aki.

Sel aki merupakan bagian komponen dalam aki yang berada di dalam kotak aki berbentuk lembar atau batang-batang plat logam dari timbal peroksid (Pb02) untuk bagian positif (+), sedangkan untuk bagian plat negatifnya (-) terbuar dari logam timbel (Pb). Plat logam ini dipisahkan oleh bagian lain yang disebut separator. Pengertian separtor sendiri sebenarnya merupakan sebuah penyekat isolator yang berada diantara plat posifit dan plat negatif agar tidak terjadi konsleting atau hubungan arus pendek.

Incoming search terms:

Komentar