Otomotif

Bagaimana Cara Servis Accu Kering Dan Basah Yang Soak

on

Cara servis accu kering dan basah sangat berbeda. Pasti anda pernah mendengar atau bahkan pernah berurusan dengan salah satu komponen kendaran bermotor yang namanya accu atau sering disebut aki ini. Aki dalam kendaraan bermotor berfungsi sebagai sumber kelistrikan dalam kendaraan baik itu untuk start awal ketika menyalakan kendaraan, lampu-lampu kendaraan sampai dengan panel-panel seperti speedometer dan berbagai indicator.

Kendaraan ketika sedang tidak menyala maka sumber utama dan satu-satunya hanya berasal dari aki ini, baru kemudian listrik dari aki digunakan untuk menyalakan mesin dan dari putaran merin tersebut digunakan kembali untuk menghasilkan listrik melalui alternator atau dynamo sebelum diisikan kembali ke aki kendaraan bermotor anda.

Jika kendaraan anda mogok karena masalah aki pastilah sangat menyebalkan, apalagi jika anda tengah dalam kepentingan yang sangat penting dan terburu-buru. Seperti kesialan tengah menimpa anda saja.

Permasalahan dari aki biasanya dikarenakan dua hal yaitu aki kehabisan muatan listrik atau yang sering kita sebut dengan aki soak atau anda lupa mematikan lampu atau instalasi lain. Aki yang terpasang pada kendaraan sekarang ini terbagi dalam dua jenis aki yaitu aki kering dan aki basah.

Aki basah biasa digunakan untuk menyebut aki yang masih menggunakan sistem elektroda yang direndam cairan accu zuur. Sedangkan aki kering yang baru-baru ini digunakan prinsip kerjanya hampir sama dengan batu baterai tanpa penggunaan cairan.

Perawatan aki basah lebih sulit dibandingkan dengan aki kering. Aki basah membutuhkan pemeriksaan secara rutin terhadap level cairan accu zuur apakah diatas atau dibawah indicator. Jika cairan ada dibawah indikator anda perlu menambahkan cairan accu zuur melalui tutup berulir yang ada diatas permukaan aki.

Sedangkan aki kering diklaim tanpa perawatan karena memang tidak membutuhkan penambahan air accu zuur. Anda cukup melihat indicator apakah menunjukkan perlu dicharge atau tidak. Ketika aki kering perlu dicharge anda cukup membeli alat pengisian aki yang bisa langsung dicolokkan ke steker rumah dan tinggal menunggu aki terisi penuh kemudian dipasang kembali

Incoming search terms:

Komentar