Mobil

Atasi Masalah Mesin Mobil Xenia Yang Berbunyi Ngelitik Dengan Cara Ini

on

Mobil Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil yang sangat laris di pasaran Indonesia. Bagaimana tidak, mobil ini merupakan salah satu mobil city car yang sangat cocok untuk digunakan bersama keluarga karena kapasitas tempat duduk yang bisa mengangkut sampai 8 orang.
Meski demikian, banyak juga masalah mesin mobil xenia yang sering dijumpai para pemilik mobil tersebut. Maka dari itu, pada kali ini kami akan memberikan informasi seputar masalah mesin yang sering dialami oleh mobil keluaran Daihatsu tersebut.
Masalah mesin mobil xenia yang paling sering muncul ialah masalah Ngelitik atau knocking. Hal tersebut merupakan gejala pada mesin yang memiliki bunyi yang disebabkan oleh tekanan yang sangat keras dan sangat cepat di ruang bakar, akhirnya akan piston terhantam dan posisi piston masih dalam perjalanan menuju TMA (titik mati atas).

Atasi Masalah Mesin Mobil Xenia Yang Berbunyi Ngelitik Dengan Cara Ini

Proses itu terjadi akibat mesin kompresi tinggi yang disebabkan bensin yang digunakan mengandung oktan yang rendah. dari oktan yang rendah, proses pembakaran akan lebih cepat dari suhu serta tekanan yang sangat tinggi. sehingga pada saat busi mengeluarkan percikan, suhu dan tekanan maksimal berlangsung saat piston masih dalam perjalanan ke atas dan terjadinya tabrakan sehingga muncul bunyi ngelitik.
Proses tersebut nantinya menyebabkan sistem pembakaran menjadi tidak merata dan tidak berlangsung sempurna, pada akhirnya meninggalkan sisa-sisa pembakaran berupa berkas atau kerak karbon (hangus) yang melekat di mahkota piston. hal tersebut akan mengakibatkan proses pembakaran di ruang bakar. 

Masalah mesin mobil xenia yang sering terjadi ini juga bisa ditanggulangi. Langkah pertama ialah, pergilah ke bengkel kepercayaan Anda dan lakukanlah service besar dengan membersihkan kerak atau bekas karbon yang melekat di kepala piston. Selanjutnya, lupakanlah bahan bakar minyak premium. 
Dengan menggunakan premium, Anda akan tetap menggunakan bbm dengan oktan yang rendah, sehingga proses tadi akan terus berlangsung berulang-ulang. Berailahlah ke bensin Pertamax Plus karena bensin sekelas Pertamax Plus memiliki RON 95.  meski demikian, pastinya sangat berat bagi Anda yang harus beralih dari premium ke pertamax plus.
Maka demikian, ada juga solusi untuk masalah tersebut. Anda bisa menggunakan Norival Energy Fuel Enhancer. Norival merupakan alat penghemat bbm dan juga bisa meningkatkan kualitas dari bbm tersebut. 
Nah, dengan demikian kini Anda sudah mengetahui masalah mesin mobil xenia Anda. Meski solusi tersebut cukup memberatkan kantong Anda, akan tetapi ada baiknya Anda mengeluarkan sedikit kocek lebih dalam dari pada harus mengalami gagal mesin atau turunnya harga jual mobil Anda.
Bila Anda memiliki kerusakan yang berbeda, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan para montir profesional di bengkel kepercayaan Anda atau bertanya kepada ahli otomotif yang terpercaya.

Incoming search terms:

Komentar