Anestesi

Artikel Tentang Ilmu Anestesi Dan Reanimasi

on

Dalam dunia kedokteran kita mengenal adanya istilah anestesi dan reanimasi. Kedua hal saling berhubungan. Nah, kita akan coba sedikit membahas tentang ilmu anestesi dan reanimasi. Kita mulai dengan pengertian anestesi terlebih dahulu.  Anestesi adalah serangkaian tindakan untuk menghilangkan rasa nyeri saat dilakukan pembedahan atau prosedur  lain yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada tubuh. 
Menurut International Association for Study of Pain, Berdasarkan International Association for Study of Pain, nyeri merupakan suatu gejala emosional dan sensorik yang mengganggu serta berkaitan dengan adanya potensi kerusakan pada jaringan. Maka dari sebelum pembedahan atau prosedur dijalankan, maka terlebih dahulu dilakukan anestesi. Hal ini bertujuan agar pembedahan atau prosedur tersebut dapat berjalan dengan baik dan optimal. Istilah anestesi sendiri berasal dari bahasa Yunani, “An” berarti “tidak” atau “tanpa”, dan “aethetos” yang berarti “persepsi” atau “kemampuan untuk merasa”. 
Istilah anetesi ini mulai diperkenalkan oleh filsuf Yunani yang bernama Dioscorides pada awal tahun masehi. Ia menggunakan istilah tersebut untuk mengungkapkan tentang suatu efek seperti zat narkotik dari tanaman mandragora. Sementara itu istilah reanimasi berasal dari kata “animate” yang berarti “menggerakan kembali”  atau “menghidupkan kembali”, jadi reanimasi merupakan kebalikan dari anestesi, dimana anestesi bersifat “mematikan rasa” dan reanimasi “menghidupkan kembali ”, dalam hal ini adalah menghidupkan “rasa”. Anestesi dan reanimasi merupakan prosedur wajib dalam pelaksanaan operasi, dan memang dipelajari dalam cabang ilmu tersendiri dalam ilmu kedokteran, yaitu Anestesiologi dan Reanimasi. Kemudian untuk dokternya pun merupakan dokter spesialis anestesi yang mempelajari ilmu anestesi dan reanimasi. 
Anestesiologi dan Reanimasi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang nyeri, kedokteran reoperatif, dan kedokteran gawat darurat. Selain itu, anestesi juga dipelajari dalam obstetri dan ginekologi. Obsetri itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari khusus tentang bagaimana cara memperlakukan wanita dan bayi baik itu saat proses kehamilan, proses kelahiran, dan setelah kelahiran (puerperium). Ginekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit-penyakit sistem reproduksi wanita (vagina, ovarium, dan juga rahim). Kedua ilmu ini merupakan cabang dari ilmu kedokteran yang khusus dan juga saling melengkapi satu sama lain. Demikian artikel tentang ilmu anestesi dan reanimasi. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Komentar