Engineering

Aplikasi Serta Fungsi Turbin dan Generator dengan Tenaga Uap

on

Aplikasi serta fungsi turbin dan generator banyak digunakan di industri seperti pabrik atau pembangkit listrik. Seperti yang telah dikatakan pada artikel-artikel sebelumnya bahwa turbin merubah energi potensial menjadi energi kinetik yang menggerakan baling-baling turbin dan terakhir menjadi energi mekanik yang menjalankan mesin turbin. Energi mekanik dalam turbin berupa putaran poros turbin. Poros turbin yang berada diujung baling-baling berbentuk roda gigi yang dihubungkan dengan komponen turbin yang merupakan mekanisme yang ingin digerakan. Proses perubahan energi kinetik menjadi energi mekanik dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung dari penggunaan turbin tersebut. tipe-tipe turbin uap juga bermacam-macam tergantung dari industri yang menggunakannya. Misalnya pada PLTU digunakan turbin tipe multistage.

Pengaplikasian turbin uap yang terdapat pada pembangkit listrik tenaga uap digunakan sebagai konversi energi panas menjadi energi listrik. Energy panas diperoleh dari uap panas yang dikeluarkan oleh ketel uap kemudian diubah menjadi energi listrik dalam turbin. Proses detailnya adalah energi panas yang berasal dari uap ditujukan untuk menggerakan baling-baling turbin, untuk dikonversikan menjadi energi kinetik. Energi kinetik yang menggerakan baling-baling turbin sekaligus menggerakan poros baling-baling yang berbentuk roga gigi. Pergerakan roda gigi tersebut membentuk energi mekanik. Energy mekanik kemudian dikonvensikan oleh generator menjadi energy listrik.


Uap panas yang terbuang dari hasil konvensi energitersebut kemudian ditampung dalam kondensor yang nantinya akan didinginkan didalamnya. Turbin uap multistage yang biasa digunakan dalam PLTU merupakan turbin yang memiliki lebih dari 1 stage turbin. Cara kerjanya, pertama uap air yang dihasilkan dari ketel uap akan masuk dalam stage turbin yang pertama yakni turbin high pressure. Kemudian dipanaskan kembali dalam turbin intermediate preasure. Lalu uap yang keluar setelah dipanaskan akan masuk dalam turbin low preassure. Dalam stage ini, uap sudah diubah dalam bentuk energimekanik dan energi listrik. Uap uang dikeluarkan dari stage terakhir ini masuk dalam kondensor untuk didinginkan dalam proses kondensasi. Sistem tersebut kemudian terus berulang sehingga turbin busa terus menghasilkan energi listrik untuk PLTU.

Incoming search terms:

Komentar