Internet

Apa Manfaat Dari Internet Untuk Daerah Perdesaan

on

Internet merupakan sarana telekomunikasi modern yang menghubungkan seseorang dengan lainnya dibelahan bumi manapun tanpa harus bertatap muka atau bertemu secara langsung. Dengan menggunakan internet tentu saja akan lebih menghemat biaya, selain lebih ekonomis dengan internet berbagai hal mudah dapat dilakukan untuk berkomunikasi. Seseorang dapat melayangkan surat hanya dengan hitungan menit sudah sampai di tujuan tanpa perlu membubuhkan perangko atau mengirimnya lewat kantor pos. Email atau surat elektronik merupakan hal yang paling sederhana didalam internet karena cara aplikasinya yang sama persis dengan cara mengirim atau menulis surat biasa, hanya medianya yang berbeda.
Tidak hanya email saja yang bisa dikirimkan melalu internet tapi berbagai macam hal lainnya juga dapat dikirimkan baik itu suara maupun gambar dan video. Bahkan dengan internet seseorang juga dapat berbicara dan bertatap muka secara virtual melalui video call atau video streaming. Sungguh sangat mudah semua hal dapat dilakukan oleh internet dan hal inilah manfaat yang dapat diambil dari internet. 

Meskipun penyebaran internet saat ini sudah sangat banyak dijumpai diberbagai hal, baik itu dalam alat telekomunikasi seperti handphone dan lainnya, tetap saja masih banyak orang yang berada didaerah perdesaan belum mengetahui apa manfaat dari internet. Pengenalan merupakan salah satu langkah tepat untuk memberikan sosialisasi manfaat internet. Banyaknya kemudahan-kemudahan yang bisa dilakukan dengan internet tentu saja akan membuat perdesaan akan semakin maju dan berkembang.
Salah satu manfaat dari internet untuk daerah perdesaanapabila diaplikasikan dalam sistem kepemimpinan di perdesaan atau dalam kelurahan pastinya akan membawa banyak manfaat yang luar biasa untuk kemajuan suatu daerah perdesaan. Sebuah sistem yang sebaiknya dibangun dan dikembangkan diperdesaan supaya kinerja seorang kepala desa dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan mudah. Misalnya saja untuk mencari sumber-sumber literature suatu hal yang berkaitan dengan cara mengembangkan desa atau melihat undang-undang desa secara online atau bahkan membuat kartu tanda penduduk dengan sistem pendaftaran online misalnya. Dengan hal demikian pastinya kemajuan daerah perkampungan akan lebih cepat.
Membuat KTP secara online merupakan sebuah sistem baru yang mungkin saja bisa diterapkan untuk kemudian hari sehingga penduduk yang berada pada suatu desa tidak perlu ribet harus kesana kemari mengurus pembuatan kartu tanda penduduk (KTP). Sistem ini tentu saja harus dibarengi dengan cara verifikasi yang baik pula dalam mengakui atau memvalidasi keabsahan KTP tersebut.
Lepas dari hal tersebut tentu saja memang banyak langka-langkah lain yang perlu dipertimbangkan dalam prosesnya. Namun jika kekhawatiran atau ketakutan dalam membangun sistem yang lebih baik maka yang ada hanya akan tertinggal dari bangsa-bangsa lain jika ketakutan terus menghantui langkah, padahal semua hal tersebut belum dilakukan.

Demikianlah manfaat dari internet untuk perdesaan sehingga dapat membuat kemajuan dan perkembangan desa semakin baik jika diaplikasikan dan disosialisasikan dengan pemahaman yang baik maka akan merubah semua sistem menjadi lebih baik. Saat ini juga sudah berkembang disetiap daerah di Indonesia dengan menjalankan sistem online untuk membantu mempermudah suatu kepemimpinan. 

Incoming search terms:

Komentar