Anestesi

Anestesi Topikal Lokal – Benzokain

on

Semkin berkebangnya ilmu pengetahuan di bidang medis membuat semakin banyak penemuan-penemuan yang sangat membantu aktivis medis untuk melakukan penanganan terhadap pasien yang membutuhkan perawatan dan penanganan medis lainnya. Jika selama ini sering mendengar obat yang digunakan sebagai anestesi / bius terkesan pemberian obat bius tersebut sangat menakutkan. Namun kini ada jenis baru pemakaian anestesi yaitu dengan dioles atau bisa disebut juga anestesi oles. Hal ini akan sangat memudahkan dan memberikan ketenangan mental bagi pasien yang menggunakan anestesi ini.

Benzokain diproduksi pertamakali oleh Eberbach sebuah perusahaan kimi di Jerman pada tahun 1902.

Benzokain digunakan untuk meredakan nyeri dan gatal-gatal yang disebabkan luka bakar, gigitan atau sengatan serangga, racun tanaman, luka kecil atau goresan.


Benzokain termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai anestesi topikal lokal. Cara kerjanya ialah mematikan ujung saraf di kulit. Obat ini tidak menyebabkan hilang kesadaran seperti obat bius yang umumnya digunakan untuk operasi.
Dosis
Untuk rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh kondisi kulit ringan:
– Dewasa, remaja, dan anak-anak usia 2 tahun dan lebih tua : Gunakan untuk daerah yang terkena tiga atau empat kali sehari sesuai kebutuhan.
– Anak-anak usia di bawah 2 tahun : Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter.

Efek Samping
Warna kebiruan pada kuku, bibir, kulit atau telapak tangan.

Kemasan
Obat ini tersedia tanpa resep dokter dan tersedia dalam bentuk sediaan Salep, Semprot, Cair, Gel, Cream, Wax.

Incoming search terms:

Komentar