Kehamilan

Amankah Mengkonsumsi Kopi Saat Hamil?

on

Di dunia ini, ada banyak sekali wanita yang sangat menyukai kopi sehingga hari mereka tak akan pernah lengkap tanpa hadirnya secangkir atau lebih kopi. Mungkin saja anda juga termasuk salah satunya. Bagi anda, mengkonsumsi kopi tentu saja bukanlah suatu hal yang berbahaya kecuali jika memang ada masalah kesehatan yang menyebabkan anda harus berhenti mengkonsumsi kopi dalam bentuk minuman di kehidupan anda sehari-hari. Bagaimana jika anda hamil? Apakah kopi juga masih aman untuk dikonsumsi?
Kopi Masih Boleh Dikonsumsi Dalam Masa Kehamilan
Pertanyaan yang disampaikan tadi sebenarnya adalah satu pertanyaan yang sering menghantui para wanita hamil, terutama mereka yang tidak lain dan tidak bukan adalah para pecinta kopi. Satu hal yang pasti adalah sebenarnya kopi merupakan satu jenis minuman yang masih bisa dikonsumsi oleh wanita hamil. Jika anda pernah mendengar pernyataan bahwa wanita hamil sama sekali tidak boleh mengkonsumsi kopi, perlu anda ketahui bahwa pernyataan tersebut sebenarnya adalah sesuatu yang salah. Bahkan mungkin, bisa saja pertanyaan semacam itu dikategorikan dalam kelompok mitos. Sebagai seorang pecinta kopi, fakta semacam ini tentu saja adalah satu hal yang patut untuk anda syukuri karena anda tak perlu benar-benar meninggalkan apa yang sangat anda sukai karena anda sedang berada dalam masa kehamilan.
Perhatikan Jumlah Konsumsi Kopi Saat Masa Kehamilan
Walaupun tidak ada larangan untuk mengkonsumsi kopi dalam masa kehamilan, tentu saja anda tetap tak bisa mengkonsumsi kopi sesukanya sama seperti saat anda belum hamil. Dalam masa kehamilan, anda harus benar-benar memperhatikan jumlah konsumsi kopi karena pada kenyataannya ada jumlah konsumsi kopi per hari yang cukup disarankan. Jumlah tersebut adalah tak lebih dari 200mg setiap harinya. Jika jumlah kopi yang dikonsumsi melebihi jumlah yang sudah dianjurkan sangat mungkin untuk beberapa masalah kehamilan untuk muncul. Tentu saja keguguran dan matinya janin dalam kandungan adalah beberapa contoh masalah yang mungkin muncul karena konsumsi kopi yang berlebihan saat hamil. Akan lebih baik jika anda mampu mengontrol diri anda sehingga anda tak setiap hari mengkonsumsi kopi hanya selama anda hamil saja.

Komentar