Olahraga

9 Tips Merawat Sepatu Olahraga Secara Tepat

on

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang memang dibutuhkan oleh setiap orang, karena dangan berolahraga makan seseorang akan memiliki jiwa dan tubuh yang sehat. Olahraga juga memiliki banyak manfaat lain selain kebugaran tubuh.  Dengan tubuh yang sehat maka seseorang akan memiliki cara berfikir yang baik dan positif dibangkan orang yang jarang berolahraga.

Untuk berolahraga banyak orang melakukan trik dan tips tersendiri yang bertujuan untuk mendapatkan cara olahraga yang lebih baik dan singkat.  Selain daripada itu dalam berolahraga seseoranga sangat membutuhkan perlengkapan lain yang berfungsi untuk menunjang kegiatan tersebut.

Olahraga sepak bola misalnya atau olahraga bulutangkis yang membutuhkan perlengkapan lain seperti baju olahraga, celana olahraga, bola, raket, kok, sepatu dan lain sebagainya yang berfungsi sebagai penunjang olahraga tersebut.

Hal yang sering menjadi halangan seseorang melakukan olahraga adalah kesibukan seseorang akan pekerjaannya sehingga seseorang kadang bingung untuk membagi waktu dalam bekerja dan berolahraga. 


Namun berbagai macam penemuan dan trobosan terbaru dalam bidang kebugaran saat ini banyak alat olahraga yang diciptakan agar dapat digunakan dalam setiap waktu sehingga dapat disisihkan dalam kesibukan seseorang untuk berolahraga. Sebut saja treadmill, yang dapat digunakan untuk melakukan gerakan lari yang dapat digunakan dalam setiap kesempatan, karena dengan alat ini maka anda tidak perlu melakukan joging atau lari di luar rumah.

Terlepas dari hal bagaimana dan kapan anda berolahraga dengan jenis apapun olahraganya, baik lari, bermain bola kaki, bulutangkis, jogging atau olahraga apapun agar olahraga tidak menimbulkan efek yang tidak baik bagi anda maka dalam olahraga tesebut seseorang harus menggunakan sepatu.

Jenis sepatu yang banyak saat ini banyak didesain berdasarkan kebutuhan dan jenis olahraga apa yang akan anda lakukan.  Untuk olahraga lari misalnya, tentunya dibutuhkan sepatu yang menunjang kaki anda agar nyaman digunakan saat berlari. Bulutangkis juga demikina, dibutuhkan spesifikasi khusus agar pebulutangkis dapat nyaman saat melakukan lompatan atau lari di dalam olahraganya.

Kebiasaan seseorang pada umumnya adalah menggunakan sepatu yang satu jenis untuk berbagai macam kegiatan olahraga, hal ini ternyata justru membuat sepatu akan memiliki masa pakai yang singkat.  Oleh karena itu ada bebarapa tips yang dapat digunakan dalam merawat sepatu anda agar memiliki masa pakai yang lama.  Berikut ini adalah tipsnya :
  1. Gunakanlah sepatu olahraga hanya saat berolahraga saja
  2. Gunakan sepatu sesuai dengan spesifikasi olahraga yang dianjurkan, misalnya sepatu bulutangkis yang didesain ringan dan memiliki karet dibagian bawahnya. Maka gunakanlah hanya untuk bermain bulutangkis atau olahraga yang mirip dengan bulutangkis saja (contoh : pingpong) dan jangan digunakan untuk bermain futsal.
  3. Pisahkanlah sepatu olahraga anda dengan sepatu lainnya.
  4. Bersihkan sepatu setelah digunakan
  5. Cuci sepatu setiap minggu sekali, atau menyesuaikan kondisi sesuai yang dibutuhkan, karena terlalu sering mencuci juga akan mengurangi masa pakai.
  6. Gunakanlah desinfektan/fungisida penyemprot khusus sepatu agar tidak berjamur dan bau.
  7. Dalam penyimpanan yang cukup lama, masukkanlah dalam plastik dan berilah silika jel atau kapur barus (kamper).
  8. Dalam membersihkan sepatu olahraga usahakan untuk menggunakan sikat sepatu yang lembut, jangan menggunakan sikat cuci karena akan merusak kualitas bahan sepatu.
  9. Mengelap sepatu dengan air hanya saat akan digunakan saja, jangan dilap dengan air dan kemudian disimpan.
Demikianlah beberapa tips mudah yang bisa digunakan dalam menyimpan sepatu kesayangan anda agar dapat digunakan lebih lama dan efektif.

Incoming search terms:

Komentar