Bisnis

8 Tips Jitu Memberi Kesan Pertama Pewawancara

By

on

Bekerja pada sebuah perusahaan maupun instansi lainnya merupakan salah satu perilaku umum yang memang dilakukan kebanyakan orang didunia ini untuk mendapatkan hasil atau upah sebagai sumber daya keuangan untuk menunjang serta mensejahterakan hidup dan keluarganya.
Namun tentu saja seperti yang telah diketahui bahwa bekerja pada perusahaan tidaklah mudah, karena banyak sekali para pencari kerja atau pelamar pekerjaan yang mendaftarkan diri pada sebuah perusahaan.  Hal ini sebenarnya terjadi karena terlalu banyaknya orang yang melamar pekerjaan namun tidak banyak perusahaan yang mampu menyerap pekerja.  
Bahkan sebagian besar para lulusan universitas manapun selalu mencari pekerjaan setelah mereka lulus.  Sedikit sekali yang mempunyai motivasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan.  Umum memang jika mereka selalu beralasan ingin mencari modal untuk membuat usaha sendiri, namun kenyataannya banyak dari mereka yang justru semakin merasa nyaman dengan apa yang mereka kerjakan pada sebuah perusaahaan.  Menumbuhkan motivasi untuk tidak bekerja pada perusaahaan atau menjadi PNS setelah lulus memanglah sulit, tapi tidak ada salahnya mencoba.
Terlepas dari hal diatas hanya untuk sekedar memberikan wawasan yang terbatas, berkaitan dengan mencari pekerjaan diperusahaan dan harus berkompetisi dengan para pencari pekerja lain maka dibutuhkan banyak tips dan trik agar diterima dalam pekerjaan.  Salah satu hal yang membuat beberapa pencari pekerjaan gagal mendapatkan posisi mereka sebagai karyawan di perusahaan adalah pada saat wawancara.
Untuk itu dibutuhkan tips dan trik agar sukses menghadapi wawancara.  Banyak sekali hal yang memang menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih kriteria pegawai yang cocok untuk perusahaan mereka.  Selain dari segi pendidikan dan hal lain seperti pengalaman kerja, sebaiknya persiapan sebelum wawancara dan saat wawancara haruslah sangat dipersiapkan.  Tujuannya adalah untuk memberikan kesan pertama yang menggoda sehingga untuk kesan awal setidaknya penguji atau pewawancara sudah simpati terhadap anda. 
Kesan pertama adalah kunci awal kesuksesan dalam sebuah wawancara.  Berikut ini adalah tips dan trik yang perlu diperhatikan dalam wawancara sebelum wawancara dimulai atau ketika anda akan memasuki ruangan wawancara :
  • Masuklah ke ruangan wawancara setelah mengetuk pintu terlebih dahulu baik pintu dalam keadaan tertutup maupun dalam keadaan terbuka
  • Pada saat berjabat tangan dengan pewawancara, sesuaikan kekuatan genggaman jabatan tangan anda dengan yang dilakukan pewawancara
  • Jangan duduk sebelum dipersilahkan oleh pewawancara
  • Duduklah dengan tenang dan gentle
  • Jangan menyilangkan kaki atau melipat tangan di dada selama anda duduk
  • Jangan meletakkan tas atau barang pribadi apapu di atas meja pewawancara
  • Jangan merokok
  • Jangan melakukan hal-hal yang tidak terlalu penting seperti menggaruk-garuk bagian tubuh maupun hal lain.

Demikianlah sedikit tata cara dan sopan santun untuk mencuri perhatian pewawancara dari segi tingkah laku anda sebelum wawancara.  Semoga hal demikian dapat mempengaruhi kesuksesan anda dalam wawancara dan sukses mendapatkan pekerjaan seperti yang anda inginkan.

Incoming search terms:

Komentar