Pendidikan

8 Hak Daerah Otonomi Sesuai Undang-Undang

By

on

Pembangunan merupakan sebuah hal yang menjadi suatu program penting sebuah Negara untuk memberikan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat agar menjadi lebih baik. Pembangunan juga menjadi barometer kemajuan serta kesejahteraan sebuah desa, kota, kabupaten,  provinsi dan Negara bahkan keluarga.
Untuk meningkatkan stabilitas ekonomi di Negara maka dibutuhkan pembangunan infrastruktur ekonomi yang baik agar memiliki banyak kemampuan untuk membangun sarana ataupun fasilitsas umum baik dalam segi fisik maupun non fisik.
Dengan terciptanya ekonomi yang baik pada sebuah Negara maupun tingkat teredah di bawah Negara maka hal tersebut akan mengiringi pembangunan dan kesejahtaraan masyarakat sehingga sebuah Negara dapat dikatakan Negara yang berdaulat dan berdikari.
Memanfaatkan segala macam sumber daya alam dan manusia yang ada di dalamnya merupakan salah satu bentuk usaha untuk memanfaatkan kemampuan sendiri sebuah Negara sehingga apa yang ada dapat diperjuangkan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.  Dengan adanya kemandirian tersebut maka tentu saja akan membuat sebuah Negara menjadi Negara yang kaya.
Untuk melingkup Negara memang sebuah hal yang sangat kompleks jika ditinjau secara structural karena didalam Negara terdapat banyak masyarakat yang berada pada suatu wilayah. Disetiap wilayah tersebut banyak masyarakat yang juga mengembangkan kehidupannya agar lebih baik.
Desa merupakan bagian wilayah terkecil yang ada didalam Negara, didalamnya terdapat banyak masyarakat yang juga berkembang dan berjuang dalam meningkatkan taraf hidup mereka agar lebih baik sehingga akan terjadi sebuah system regulasi ekonomi yang juga akan bergulir di sudut bawah Negara ini.
Agar tercapai sebuah Negara yang memiliki tingkat kesejahteraan tinggi maka haruslah otonomi daerah mulai bawah yaitu tingkat desa dan seterusnya sehingga akan memiliki struktur penyusun ekonomi yang kuat untuk Negara.
Tujuan otonomi daerah merupakan sebuah hal yang ditunjukkan mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu sangatlah penting memahami maksut dan tujuan otonomi daerah.
Adapun hak-hak yang dimiliki oleh sebuah derah otomoni adalah sebagai berikut seperti yang telah ditetapkan pada undanga-undang 32 Tahun 2004, yaitu :
1. Mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahannya. 
2. Memilih pimpinan daerah. 
3. Mengelola aparatur daerah. 
4. Mengelola kekayaan daerah. 
5. Memungut pajak daerah dan retribusi daerah. 
6. Mendapatkan bagi hasil dari pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya lainnya yang berada di daerah. 
7. Mendapatkan sumber-sumber pendapatan lain yang sah. 
8. Mendapatkan hak lainnya yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.
Demikianlah hak-hal yang dapat dilakukan sebuah daerah otonom untuk melakukan otonomi dareah seesuai dengan yang telah ditetapkan agar tercipta masyarakat yang bahagia dan sejahtera.

Incoming search terms:

Komentar