kesehatan

8 Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Larut Malam

on

Berbagai macam hal yang terjadi pada diri manusia adalah apa yang menjadi kebisaan dari pola hidup mereka.  Berbagai macam penyakit dan hal lain yang menimpa seseorang juga sering berawal dari keselahan pola dan gaya hidup mereka.  Dengan pola hidup yang tidak sehat maka berbagai penyakit akan mudah menimpa seseorang.
Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum-minuman keras misalnya. Hal tersebut merupakan kebiasaan yang menyebabkan ketagihan, dan hal tersebut sangat sulit untuk ditinggalkan karena merupakan salah satu kebiasaan buruk yang memang membawa dampak sangat tidak sehat pada diri manusia dan bagi orang lain juga.
Namun terlepas dari hal tersebut adapula kebiasaan buruk yang tidak berbahaya bagi kesehatan, namun dalam permasalahan tersebut tentunya tetap akan berdampak juga pada kesehatan manusia terkait dengan sifat manusia yang akan terbentuk dari hal tersebut. Salah satu kebisaan yang sering dan banyak dialami oleh seseorang adalah kebiasaan tidur laru malam, hal ini menyebkan insomnia. Dampak dari hal ini juga dapat menyebabkan perubahan dan perilaku sifat seseorang menjadi tidak baik. Salah satu hal yang mudah muncul dari kebiasaan ini adalah malas dan mengantuk di siang hari.
 
Kebiasaan tidur terlalau larut tanpa ada hal produktif yang mampu memberikan dampak positif bagi seseorang merupakan hal yang harus segera dijauhi dan ditinggalkan. Namun apabila tidur larut dimanfaatkan sebagai salah satu kesempatan dimana anda bisa melakukan kegiatan positif seperti mengejar target pekerjaan anda agar cepat terselesaikan maka hal tersebut tentu saja begadang anda memberikan dampak positif. Namun sekali lagi perlu juga di imbangi dengan jadwal tidur yang cukup tanpa harus merugikan waktu siang hari anda dimana seseorang harus melakukan tindakan yang produktif, baik bekerja, berbisnis dan hal lainnya.
Berkaitan dengan kebiasaan tidur terlalu larut maka berikut ini ada beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut supaya anda dapat merubah pola hidup anda menjadi lebih sehat, namun dengan catatan anda harus memiliki niat dan maksut benar-benar ingin menghilangkan kebiasaan tersebut. Berikut ini adalah tipsnya :
  1. Hindari tidur siang
  2. Lakukan olahraga rutin pagi dan sore hari
  3. Jangan mengkonsumsi minuman suplemen atau obat suplemen
  4. Banyak melakukan tindakan-tindakan produktif disiang hari.
  5. Hindari minum kopi terlalu sering, minimal satu kali di siang hari.
  6. Tentukan waktu yang tepat untuk memulai kebiasaan anda tidur cepat (misal jam 22:00 WIB)
  7. Pada waktu yang anda tentukan tersebut usahakanlah untuk tidak melakukan aktifitas apapun selain berada di tempat tidur.
  8. Jangan berhayal saat akan tidur.

Demikianlah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk merubah kebiasaan tidur larut malam. Untuk merubah kebiasaan anda tersebut maka lakukanlah hal diatas menjadi kebiasaan baru anda. Karena proses yang anda tempuh sehingga menimbulkan kebiasaan tidur larut malam merupakan proses yang panjang, maka rutinlah melakukan 8 tips diatas.

Incoming search terms:

Komentar