kesehatan

7 Solusi Mengatasi Gatal Derah Vital

on

Menjaga kebersihan merupakan sebuah anjuran dan tata tertib yang harus dilakukan setiap manusia dalam menjaga kesehatan tubuh.  Dengan menjaga kebersihan maka dampak yang diperoleh adalah bagi lingkungan sekitar dan diri sendiri.  Menjaga kebersihan banyak diterapkan dan dikembangkan dalam pendidikan usia dini, bahkan dalam sebuah rujukan dibeberapa agama mengatakan “kebersihan adalah sebagian dari iman”.  Ada pula semboyan yang juga mengatakan bahwa “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.
Berpedoman dari dua hal diatas maka dapat diambil sebuah kesimpulan penting yang menjelaskan bahwa pentingnya kebersihan sangatlah mutlak bagi makhluk hidup yang memiliki akal.  Namun dalam kenyataanya masih banyak yang tidak dapat dikendalikan meskipun hal tersebut sudah dirasa telah baik dilakukan oleh seseorang, terkadang seseorang merasa bahwa dirinya sudah bersih namun ternyata masih saja terkena penyakit, dari penyakit berat sampai penyakit ringan.
Terlepas dari kegalauan tersebut sebaiknya lebih baik melakukan hal yang tepat untuk berjaga-jaga, sehingga banyak baik yang berguna bagi orang lain.  Bisa saja berbagai penyakit tersebut menular dari orang lain dan muncul dari kebiasaan sendiri.

Dalam permasalahan kali ini yang ingin dijelaskan adalah penyakit ringan seperti gatal, namun gatal juga bisa menimbulkan masalah lain seperti infeksi dan lain-lain.  Penyakit gatal merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh jamur dan mudah sekali menular kepada orang lain, baik dari bersentuhan, bergantian pakaian dan lain sebagainya.
Penyakit gatal juga bisa menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, baik pria maupun wanita tetap saja akan terserang penyakit gatal apabila mempunyai kebiasaan buruk atau bersentuhan dengan orang lain yang sudah memiliki penyakit gatal.  Hal yang paling membahayakan adalah apabila gata-gatal tersebut terjadi pada daerah organ vital baik pada perempuan maupun pada laki-laki.
Untuk itu perlu dilakukan beberapa hal supaya penyakit gatal tidak menimpa anda.  Berikut ini adalah beberapa hal kecil yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gatal-gatal pada derah vital yang dapat anda lakukan :
  1. Gunakan pakaian bersirkulasi udara dan kelembaban baik
    Kombinasi antara panas, lembab, dan gesekan kulit dengan pakaian merupakan penyebab umum yang menjadikan kulit menjadi merah dan teriritasi dan menjadikan selakangan mu gatal, pastikan daerah vital selalu bersih dan kering. Dengan demikian gunakanlah bahan pakaian yang bersirukulasi udara dan kelembapan yang baik.
  2. Keringkan bagian vital dengan baik.
    Berikan perhatian khusus pada kebersihan daerah vital anda. Setelah mandi, keringkan daerah vital dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk. Lakukan secara lembut hingga daerah vital benar-benar kering. 
  3. Gunakan krim, salep atau bedak anti-jamur
    Oleskan salep atau krim yang mengandung 1% hidrokortison pada daerah vital anda, setidaknya 2 kali sehari. Idealnya adalah setelah mandi. Krim anti jamur ini bisa dengan mudah anda dapatkan di apotik atau toko obat biasa tanpa resep dokter. Terapkan pola ini selama seminggu atau lebih, hingga rasa gatal hilang dari vital. 
  4. Gunakan pakaian yang longgar
    Untuk menghindari iritasi dan lecet, kenakan celanan atau dalaman yang longgar. Pakaian yang ketat dan sempit juga membuat selangkagan menjadi panas dan lembab, sehingga jamur semakin berkembang. 
  5. Jangan menggaruk kulit yang gatal
    Tahan keinginan anda untuk menggaruk daerah vital yang gatal. Menggaruk akan semakin mengiritasi kulit, bahkan bisa menyebabkan infeksi. Jika bisa, untuk meringankan rasa gatal anda bisa menyiram dengan air dingin. Selain itu, potong kuku jari tangan atau gunakan sarung tangan saat tidur, untuk mencegah anda menggaruk tanpa sadar ketika tidur.
  6. Mandi secara teratur
    Mandi merupakan salah satu hal yang baik untuk menjaga stabilitas kebersihan badan, karena dengan mandi yang bersih dan teratur maka akan bermanfaat mengurangi intensitas kembang biak jamur. Apabila memang anda benar-benar terpaksa tidak mandi dikala sedang lembur maka bisa dilakukan dengan mencuci daerah sekitar organ vital dengan sabun dan mengganti celana dalam.
  7. Ganti celana dalam dengan tepat
    Mengganti celana delam sebaiknya dilakukan dengan teratur, minimal 2 kali sehari. Dapat dilakukan setelah mandi pagi hari dan setelah mandi sore hari. 

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu anda mengatsi masalah gatal-gatal pada daerah vital anda.  Semoga bermanfaat.

Komentar