Bisnis

6 Tips Gaya Bicara Untuk Sukses Wawancara

By

on

Sukses dalam wawancara merupakan salah satu pencapain yang patut dibanggakan bagi para pelamar pekerjaan apabila semua hal yang ditanyakan oleh pewawancara berhasil dijawab dengan benar.  Namun ada pula beberapa pencari kerja yang juga sukses mendapatkan jawaban terbaik dari setiap pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara namun tetap saja tidak diterima di perusahaan tersebut.
Kasus diatas bisa saja terjadi karena ada kesalahan pada berkas atau ketidak sesuaian berkas yang anda masukkan setelah ditinjau dari wawancara anda.  Oleh karena itu ke akuratan data yang anda berikan saat melamar pekerjaan harus disesuaikan dengan apa yang akan anda jawab apabila ada beberapa pertanyaan berkaitan dengan apa yang sudah anda sampaikan dalam penyerahan berkas.  
Namun ada juga hal lain yang juga menjadi pertimbangan dari seorang pewawancara dalam menentukan tepat atau tidak anda lulus dalam wawancara tersebut meskipun anda telah dengan benar menjawab pertanyaan, yaitu adalah sikap anda selama wawancara tersebut.  Sikap selama wawancara memang sangatlah penting diperhatikan, karena dengan banyaknya pertanyaan dan kelahlian pewawancara dalam memahami sikap anda maka sebaiknya anda tetap menjaga sikap anda agar tidak menimbulkan hal-hal lain yang tidak diperlukan sehingga mampu merusak kesan pertama yang anda berikan atau merusak hal yang sudah anda jawab.  Hal ini sering terjadi pada saat wawancara karena biasanya setelah menjawab dengan benar orang jadi lupa memperhatikan sikapnya dalam berbicara maupun bergerak, sebut saja kelalaian karena terlalu asik diwawancara.
Gaya bicara anda merupakan salah satu hal penting yang memang sangat perlu diperhatikan dan dijaga atau diperbaiki jika anda memiliki gaya bicara yang memang kurang baik saat anda menghadapi orang lain seperti pewawancara.  Cara bicara sangatlah berperan penting dalam proses wawancara kerja anda dan menjadi sebuah kunci yang memainkan peran penting anda dalam berkomunikasi dengan pewawancara.  Berikut ini ada enam tips singkat yang dapat membantu anda dalam menentukan gaya bicara :
  1. Berbicaralah dengan suara yang jelas dan tegas, usahakan kecapatan suara anda tetap teratur tanpa menghilangkan rasa hormat dan sikap santun terhadap pewawancara.
  2. Jangan terburu-buru dalam memberikan jawaban, pahamilah dengan cepat apa yang disampaikan pewawancara sehingga anda tidak salah memberikan jawaban.
  3. Jangan terlalu berputar-putar atau berbelit dalam memberikan jawaban.
  4. Kurangi kapasitas berbicara terlalu banyak untuk menghindari pembicaraan yang melenceng dari apa yang ditanyakan.
  5. Jawablah setiah pertanyaan dengan singkat, padat, tepat dan jelas
  6. Usahakan pewawancara tidak terlalu lama menunggu jawaban anda dari apa yang dia tanyakan.

Tips-tips diatas merupakan dasar dari sebuah sikap gaya bicara yang seharusnya masih perlu anda kembangkan, enam hal pokok diatas adalah kunci agar anda sukses dalam wawancara namun tentu saja tidak menjamin anda diterima di sebuah perusahaan. Berdoalah dahulu sebelum memulai wawancara sesuai dengan apa yang anda yakini dan tetap optimis selama wawancara.

Komentar