Menu Makanan

5 Menu Makanan Yang Sehat Untuk Berbuka Puasa

By

on

Melaksanakan ibadah puasa di bulan Suci Rmadhan selama satu bulan penuh tentunya bagi anda menjadi tantangan tersendiri. Setelah selama seharian menahan lapar dan haus pastinya saat berbuka rasnya ingin menyantap semua makanan yang tersedia di meja makan anda. Tetapi banyak orang yang melupakan pentingnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Jika sudah melaksanakan ibadah puasa satu hari lalu kemudian berbuka di hari selajutnya dengan mengkonsumsi makanan asal-asalan atau makan yang enak tetapi tidak bergizi pasti akan membuat kondisi tubuh menjadi menurun.
Jika anda mengkonsumsi makanan yang tidak membantu menjaga kobdisi tubuh anda maka akan menyebabkan anda bisa terkena penyakit misalnya seperti maag,kekurangan vitamin dan sakit kepala. Selama melaksanakan ibadah puasa anda di anjurkan entuk rutin mengkonsumsi makana yang mampu membuat kondisi tubuh anda tetap terjaga selama anda melaksanakan ibajdah puasa satu bulan penuh. Berikut bebrapa makanan yang dapat membantu anda agar kondisi tubuh tetap tejaga.
Beras Merah

Gambar Beras Merah
Nasi merah memiliki banyak serat yang tinggi yang kadar gulanya lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih karena dengan mengkonsumsi nasi merah dapat membantu mengenyagkan lebih tahan lama dan dapat mengontrol kadar gula anda, nasi merah juga dapat di konsumi baik di saat sahur atau pun saat berbuka puasa.
Sayur-sayuran Berdaun Hijau

Gambar Sayur-sayuran Berdaun Hijau

Sayuran di butuhkan untuk menyuplai vitamin serta serat dalam tubuh, syuran juga mudah di cerna dalam tubuh kerena kerjanya tidak terlau keras saat mencerna makanan setelah selama seharian penuh tidak mengkonsumsi sedikit makanan pun. Untuk memasak syuran berdaun hijau di anjurkan jangan sampai layu karna jika sampai layu akan banyak vitamin yang terbuang atau hilang.
Oat

Gambar Oat

Jika anda menghindari nasi putih atau nasi merah jangan lalu terus anda tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat  saat berbuka puasa karna bagaimana pun karbohidrat juga sangat penting untuk daya tahan tubuh. Namun anda bisa membuat oat yang di campur dengan buah-buahan karena oat mudah di cerna oleh tubuh dan banyak mengandung serat yang tinggi karena makanan yang mempunyai serat tinggi juga sangat baik untuk di konsumsi saat berbuka puasa.
Buah-buahan

Gambar Buah-buahan

Tidak ada salahnya jika anda mengkonsmsi buah-buahan saat berbuka puasa karena vitamin yang ada di dalam buah-buahan bisa membuat tubuh terasa segar, selain itu buah-buahan dapat membantu untuk menyesuaikan diri sebelum anda mengkonsumsi makanan lainnya saat berbuka puasa.
Kacang-kacangan

Gambar Kacang-kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung protein yang tinggi karena dngan mengkonsumsi kacang-kacangan dan sayuran menjadi salah satu hal yang di anjurkan untuk menu berbuka puasa dan sahur. Kacang-kacanga adalah salah satu sumber protein yang di butuhkan oleh tubuh dan protein yang terkandung dalam kacang-kacangan juga mudah di cerna oleh tubuh dan tidak membuat kaget organ tubuh saat mengkonsumsi makanan pada waktu berbuka puasa.

Menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah puasa satu bulan penuh adalah salah satu hal terpenting karna dengan tubuh tetap sehat tentunya juga anda akan melaksanakan ibadah puasa dengan semangat. Tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang tertera di atas adalah salah satu hal yang dapat membantu menjaga kondisi tubuh anda tetap vit selama menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan.

Komentar