Bisnis

5 Kunci Sukses Wawancara Kerja

By

on

Wawancara merupakan salah satu hal pokok dari sebuah perekrutan tenaga kerja.  Dengan wawancara sebuah perusahaan akan menemukan orang yang tepat dan sesuai untuk menempati posisi yang disediakan oleh perusahaan. Oleh karena itu berbagai macam hal juga sangatlah penting untuk dilakukan untuk menyiasati agar anda sukses dalam wawancara.  Banyak hal yang perlu dirubah dari kebiasaan sehari-hari dari diri anda dalam menghadapi wawancara, oleh karena itu sebaiknya agar anda sukses dalam wawancara mulailah berlatih bersikap yang tepat kepada orang lain sehingga anda akan mudah menghadapi pewawancara dalam proses anda saat wawancara.

Banyak hal yang disampaikan oleh beberapa orang dalam menyikapi dan menyiasati wawancara agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan diterima diperusahaan.  Mulai dari kesan pertama yang harus anda berikan agar pewawancara tidak memiliki pandangan awal yang jelek tentang diri anda sehingga pewawancara bisa langsung mengerti perilaku anda dan tidak akan memberikan nilai yang baik dari wawancara anda. Oleh karena itu sangatlah perlu diperhatikan kesan awal tersebut dan selama proses wawancara juga sangat perlu dijaga.

Setelah beberapa tips dan trik yang telah disampaikan dalam postingan sebelumnya tentang bagaimana cara mencuri kesan pertama pewawancara dan tips dalam gaya bicara anda agar pewawancara terkesan dengan apa yang anda sampaikan maka sudah saatnya anda juga mengetahui hal lain yang sangat diperlukan dalam bersikap.

Kontak mata
Kontak mata merupakan salah satu hal yang akan terjadi antara anda dan pewawancara, oleh karena itu usahakan kontak mata anda tidak menimbulkan keraguan pada pewawancara.  Tataplah mata pewawancara dengan penuh perhatian dan penuh dengan niat anda siap berbicara maupun diwawancarai. Usahkan anda juga memandang dengan rasa penuh minat ketika pewawancara sedang berbicara atau ketika sedang bertanya pada anda.  Begitu juga saat anda menjawab pertanyaan dari pewawancara sebaiknya tataplah mata pewawancara dengan penuh keyakinan atas apa yang anda sampaikan.  Namun jangan sampai anda terjebak sehingga anda terlalu memelototi pewancara atau memberikan pandangan yang menantang.

Ekspresi Wajah
Menghadapi wawancara memang seperti anda bermain sandiwara karena memang saat wawancara anda dituntut untuk tidak berbicara  seperti kebiasaan sehari-hari anda berbicara.  Sopan santun harus diutamakan dan tentu saja ekspresi wajah juga harus diperhatikan.  Ekspresi wajah anda sebaiknya jangan memperlihatkan wajah tegang atau gugup selama wawancara berlangsung, berikan senyuman yang indah dan rileks dan usahakan menampilkan wajah penuh dengan semangat dan siap diterima.

Sikap
Sikap memang sangat dititik beratkan dalam wawancara karena memang komunikasi yang terjalin dalam wawancara adalah  sepenuhnya berkaitan dengan sikap.  Perlihatkanlah sikap antusiasme dalam menjawab pertanyaan, bersikaplah positif, hindari sikap ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan, jangan memperlihatkan sikap sombong atau sikap sok tahu dan sok bisa, bersikaplah secara wajar, perlihatkan bahwa anda sangat berminat dengan setiap topik yang ditanyakan, dengarkan pewawancara dengan penuh perhatian. Berhati-hatilah dengan pertanyaan yang menyangkut gaji, jangan langsung mengiyakan gaji yang ditawarkan karena jika anda merasa kurang pas dan apabila dengan kemampuan anda tersebut anda yakin untuk dibayar lebih tinggi kenapa tidak.  Jika anda pernah bekerja di perusahaan lain usahakan jangan sampai anda terjebak dan terkesan menjelek-jelekkan perusahaan atau pimpinan sebelumnya.

Taktik Menjawab Pertanyaan
Tidak semua pernyaan yang disampaikan dalam wawancara adalah pertanyaan yang sulit, biasanya pewawancara juga menanyakan beberapa pertanyaan yang sangat mudah dijawab.  Oleh karena itu jangan memberikan jawaban pendek meskipun pertanyaan hanya membutuhkan jawaban “iya” atau “tidak”, sampaikan alasan kenapa anda harus menjawab iya atau tidak.  Berusahalah untuk mengembangkan jawaban anda dengan gagasan-gagasan pribadi anda.

Cara Berpakaian (Dress Code)
Tentu saja kesan pertama bisanya juga dilihat dari sebelum anda berbicara yaitu dari penampilan anda.  Banyak orang juga yakin bahwa dengan berpenampilan rapi maka juga akan membuat dirinya optimis diterima. Cara berpakaian sangan menentukan dalam wawancara kerja. Oleh karena itu berpakaianlah dengan sopan dan pantas dan perhatikan hal dibawah ini :
  1. Jangan menggunakan jaket pada saat wawanara belangsung
  2. Kenakan dasi jika perlu
  3. Jangan mengenakan sepatu sandal atau sandal. Semahal apapun sanda anda tentu saja tidak sebanding dengan saat anda bersepatu meskipun sepatu anda lebih murah harganya dibanding dengan sandal anda.

Penampilan yang sangat menarik lewat cara berpakaian yang rapi sangat membantu anda dalam menarik perhtian pewawancara terutama pada kesan pertama.

Demikianlah tips dan trik jitu menghadapi wawancara agar anda sukses diterima dalam perusahaan yang anda inginkan.  Semua kesuksesan sering berawal dari bagaimana anda menghormati orang lain, tentu saja hal ini berkaitan dengan sikap anda, seperti halnya yang telah disampaikan diatas.  Semoga tips dan trik diatas bisa menjadi pengantar kesuksesan anda dalam wawancara.

Komentar