Bisnis

4 Pakan Alternatif Murah Alami Untuk Budidaya Ikan Lele

on

Membuat pakan lele alternatif yang murah merupakan salah satu metode yang sangat tepat untuk para pembudidaya ikan lele atau petani lele. Kenapa harus menggunakan pakan alternatif? hal ini merupakan salah satu pertanyaan yang sangat tepat diajukan apabila ada seseorang pemula yang hanya mengetahui pele atau por sebagai pakan lele yang banyak dijual di toko pakan ikan. Memang tidak perlu ribet atau susah apabila dibandingkan dengan pakan yang dibuat sendiri.

Membuat pakan lele alternatif sendiri merupakan salah satu upaya bisnis yang tepat untuk menekan biaya produksi sehingga bisa memperbesar keuntungan yang didapatkan. Hal ini mungkin sudah banyak dilakukan oleh beberapa pembudidaya ikan lele yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bisnis ini.

Hanya saja biasanya permasalahan yang sering ditemukan dalam hal ini adalah kandungan nutrisi yang ada didalam pakan alternatif yang dibuat haruslah benar-benar mengandung nutrisi yang tepat sehingga lele dapat dipanen dengan cepat.

Memanen lele dengan cepat dan mendapatkan hasil timbangan yang tinggi merupakan salah satu impian terbesar para pembudidaya ikan lele. Karena semakin lama lele dipelihara maka akan semakin banyak pakan lele yang harus dikeluarkan untuk membesarkannya. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi besarnya biaya produksi yang semaki besar apabila lele dipelihara terlalu lama.

Oleh karena itu perlu diketahui nutrisi yang baik untuk lele khusunya untuk protein, karena lele akan semakin cepat besar apabila makanan yang ada dipakan lele mengandung protein yang besar, salah satunya itu. Untuk lebih mengetahui kandungan nutrisi pakan lele cukuplah mudah, baca saja di karung pakan lele yang baik kemudian dapatkanlah sumber-sumber nutrisi tersebut dari pakan alam atau lainnya dan kemudian mencapurnya. Perlu pengalaman lebih untuk mendapatkan pakan yang tepat tersebut oleh karena itu jangan ragu untuk bereksperimen.

Membuat sendiri pakan lele alternatif merupakan salah satu penekan angka biaya produksi terbesar karena sebagian besar biaya untuk budidaya ikan lele adalah pakan. Selama memelihara ikan lele pakanlah yang menjadi penunjang kesuksesan budidaya ikan lele ini selain biaya lain-lainnya.

Bangkai Ayam

Solusi terbaik hanyalah dengan membuat sendiri pakan lelenya, bisa saja menggunakan bangkai ayam yang bisa didapatkan dari peternak ayam. Peternak ayam seperti ayam broiler biasanya memiliki bangkai ayam yang mati dan dikubur percuma, oleh karena itu sebaiknya digunakan untuk pakan lele.

Agar air tidak menjadi cepat bau maka sebaiknya bangkai ayam tersebut direbus dahulu menggunakan panci besar yang bisa anda buat dari drum, sehingga kapasitas rebus anda banyak. Apabila ayam mati tidak banyak maka sebaiknya anda membuat campuran untuk ini, bisa saja anda gunakan singkong yang diparut atau dedak dan lain-lain.

Tanaman Azzola

pakan nila alternatif azolla

Tips membuat pakan alternatif lele lainnya bisa menggunakan juga menggunakan pakan-pakan dari alam. Misalnya dengan menggunakan tanaman azolla dan daphnia (kutu air) yang juga bisa digunakan sebagai pakan ikan alternatif yang tepat. Pakan ini sangat disukai oleh banyak jenis ikan.

Mungkin untuk para pemula ada juga yang belum memahami apa azolla dan daphnia. Azollah merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup mengapung di air. Azolla memiliki banyak sekali manfaat dan nutrisi yang baik tidak hanya untuk ikan namun juga untuk tanaman padi. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan cepat karena berdasarkan penelitian para ahli azolla memiliki laju pertumbuhan 35% setiap hari.

Kandungan nutrisi yang ada didalamnya memiliki protein yang sangat tinggi yaitu antara 24-30%, memiliki kandungan yang tinggi juga pada asam amino essensialnya terutama lisin sebanyak 0,42% yang ternyata juga lebih tinggi dibandingkan dengan konsentrat jagung, dedak dan beras. Selain itu juga mengandung 7,5% lemak, 6,5% karbohidrat, 3,5% glukosa, 13% serat kasar dan lainnya. Melihat dari ini tentu saja anda sudah dapat membayangkan dan menyimpulkan untuk mengurangi pemakaian pelet atau por tentu saja.

Daphnia

Daphnia sebagai pakan alternatif lele juga merupakan salah satu tips tepat budidaya ikan lele karena memang ini merupakan salah satu jenis kutu air yang ada di alam serta disukai oleh ikan. Daphnia mengandung protein yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mempercepat laju pertumbuhan ikan.

daphnia pakan ikan alternatif

Daphnia dapat didapatkan dengan membudidayakannya terlebih dahulu untuk kapasitas budidaya lele yang cukup banyak karena tanpa dibudidayakan daphnia tidak akan cukup untuk mengembakan lele anda. Cara budidayanya cukup mudah, namu dalam kesempatan kali ini belum akan dibahas karena disini masih jenis pakan alternatif yang tepat untuk lele dahulu dan dikesempatan berikutnya akan dijelakskan cara budidaya daphnia.

Belatung / Larva

Selain beberapa jenis pakan alternatif di atas sebenarnya masih banyak sekali pakan alternatif lainnya yang bisa didapatkan dari alam, hanya saja untuk mendapatkannya diperlukan usaha dahulu untuk menghasilkan pakan tersebut. Memang tidak praktis namun untuk budidaya ikan lele yang sukses dibutuhkan kerja keras yang sangat sungguh-sungguh.

belatung adalah pakan ikan alternatif

Untuk itu pakan lain yang bisa digunakan untuk pakan lele adalah belatung / bernga / berenga atau larva. Ternyata tidak hanya dalam bidang kesehatan saja belatung dapat digunakan, namun untuk dunia pertanian ikan lele ternyata belatung juga dapat digunakan sebagai pakan alternatif yang baik.

Baca juga : Cara Membuat Pakan Alternatif 

Semoga beberapa hal diatas dapat membantu anda dalam berbisnis ikan lele, sebaik-baiknya usaha apapun dalam berbisnis wirausaha adalah dengan terus melakukan riset dan semangat pantang menyerah serta menemukan cara-cara baru diluar biasanya. Hal diatas diharapkan dapat memberikan motivasi bisnis anda agar tetap semangat dalam berbisnis, semoga sukses.

Incoming search terms:

Komentar