Batu Akik

15 Jenis Batu Akik Terpopuler Dengan Harga Selangit

on

Fenomena batu akik yang sampai saat ini masih menjadi sebuah pemandangan publik yang semakin mudah ditemukan diberbagai tempat dimana pun anda berada.  Demam batu akik juga semakin mencuat mengarah kepada batu-batuan yang langka.  Batu akik langka menjadi incaran para kolektor dan pecinta batu akik karena memiliki nilai tersendiri bagi mereka.
Saat ini juga telah bermunculan banyak sekali nama-nama baru batu akik, meskipun sebenarnya nama-nama tersebut sudah familiar di para pecinta batu akik namun dibeberapa kalangan kelas pemula nama tersebut merupakan nama batu akik yang ternyata juga disukai oleh banyak kolektor batu akik.  Hal tersebutlah yang membuat banyak pemula penikmat atau pecinta batu akik mengenal nama-nama baru dari jenis batu akik.
Berikut ini adalah beberapa penjelasan nama batu akik yang diminati oleh para kolektor batu akik dan kisaran harga batu akik tersebut.

11 Jenis Batu Akik Terpopuler Dengan Harganya Setinggi Langit

Batu Akik Kecubung (Bungur)

Batu akik jenis kecubung ternyata juga sedang naik daun dalam beberapa bulan terakhir ini karena telah banyak memenangkan kontes batu akik di beberapa daerah. Kelangkaan dan warna batu akik kecubung merupakan daya tarik utama dari batu akik jenis ini. Batu akik jenis kecubung yang berkualitas tinggi dan berharga tinggi ternyata berasal dari Lampung, Tanjung Bintang.

Batu Akik Kalsedon

Jenis batu akik kalsedon merupakan jenis batu akik yang memiliki warna dasar seperti warna madu namun lebih tua atau kuning agak kecoklatan sehingga membuat beberapa mata kolektor terpukau dan ingin memiliki batu akik tersebut.

Batu jenis kalsedon ini merupakan batu akik khas indonesia yang banyak ditemukan dibeberapa tempat di wilayah Indonesia antara lain didaerah Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, Pacitan Jawa Timur dan beberapa juga ada di daerah Jawa Tengah.

Batu Akik Raflesia

Batu akik jenis raflesia adalah batu akik yang berasa dari daerah Sumatera yaiut di Bengkulu. Harga batu akik raflesia bengkulu ini kian melambung tinggi karena semakin banyak diburu kolektor karena sering dikait-kaitkan dengan hal magis. Harga batu akik ini meskipun tidak terlalu mencuri perhatian namun tetap saja banyak diburu, yaitu berkisar di harga Rp. 850.000,-.

Batu Bacan Hijau

Jenis batu akik bacan hijau sekarang ini menjadi incaran para kolektor batu akik yang sangat mengidamkan akik jenis batu bacan.  Batu bacan hijau adalah jenis batu akik yang berasal dari daerah Halmahera Selatan serta di daerah Maluku Selatan yang berada di Pulau Kasiruta. Batu akik dari daerah tersebut sangatlah diminati oleh pecinta batu nasional dan internasional.

Batu akik bacan hijau ini sangat diminati karena jenis batu akik ini tidak banyak ditemukan di sembarang tempat dan apabila batu akik tersebut ada tidak tersedia dalam jumlah yang banyak. Jumlahnya yang terbatas membuat batu akik ini langka sehingga sangat diminati.

Batu Akik Kalimaya

Jenis batu akik kalimaya juga merupakan jenis batu akik langka yang jumlahnya juga terbatas karena termasuk kategori jenis batu akik terlangka. Adapun penuturan dari para pecinta batu akik mengatakan bahwa jenis batu akik kalimaya ini bisa ditemukan namun dengan ukuran yang kecil-kecil karena sulit di cari namun banyak peminatnya sehingga apabila ada bahan dari batu akik tersebut maka dipotong menjadi beberapa bagian kecil-kecil.

Jenis batu akik kalimaya yang populer adalah batu akik kalimaya black opal, memiliki tekstur warna yang sangat menarik dan warna dasar hitam. Batu akik ini juga di temukan di negara lain selain Indonesia seperti Meksiko, Afrika, Mesir, Australia, India dan Moroko.

Batu Akik Lavender

Jenis batu akik lavender ini merupakan jenis batu akik yang memiliki nilai jual sangat tinggi yaitu sekitar 175 juta rupiah.  Harga tersebut dipecahkan saat ada sebuah kontes batu dan terjual dengan angka sedemikian tinggi.  Batu jenis akik lavender ini merupakan batu akik khas Sumatra karena banyak ditemukan di wilayah Oku Sumatera Selatan.

Batu Akik Safir

Batu akik jenis safir merupakan jenis batu akik yang tergolong kedalam kelas batu mulia atau permata dan telah diakui oleh mancanegara, karena batu akik jenis ini telah banyak digunakan untuk pernak-pernik perhiasan mahal. Batu akik jenis ini memiliki beberapa warna antara lain warna merah, biru, jingga, hijau, kuning dan ungu.

Batu Akik Zamrud

Batu akik jenis zamrud juga salah satu batu akik yang tergolong jenis permata dengan warna khasnya adalah hijau transparan. Menurut beberapa pakar batu mulia jenis batu akik ini telah banyak digunakan oleh suku zaman dahulu sebagai perhiasan yang juga di anggap sebagai barang sakral. Kekerasan batu akik zamrud ini berkisar di angka 7,5 Mohz.

Batu Akik Sungai Dareh

Jenis batu akik sungai dareh merupakan salah satu batu akik khas Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat yaitu dari daerah Padang. Batuan ini ternyata memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan menjadi incaran banyak kolektor karena dipandang unik dan memiliki harga lumayan menggiurkan. Batu akik jenis ini menjadi sangat terkenal dalam beberapa waktu ini karena batu akik jenis sungai dareh ini juga dipakai oleh Presiden Indonesia dan Presiden Amerika yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan Barrac Obama.

Batu Akik Topaz

Batu akik jenis topaz yang memiliki khasiat dipercaya mampu meningkatkan tinggat kerohanian seseorang dan merefreshing otak ini ternyata menjadi pemikat yang membuat para kolektor batu akik memburu batu akik jenis topaz ini karena hal tersebut. Batuan yang banyak ditemukan di beberapa negara seperti Meksiko, Brazil, Sri Lanka dan Rusia serta dibeberapa negara lainnya ini sebenarnya adalah batuan akik yang pada dasarnya hanya digunakan sebagai manik-manik untuk perhiasan.

Batu Giok

Jenis batu giok yang selama ini dikenal sebagai salah satu jenis batu akik khas Tiongkok ini ternyata memang banyak digunakan di negara asalnya sana sebagai salah satu hiasan atau perhiasan dengan harga yang tinggi dan dipercaya juga memilik kekuatan magis dan memiliki aura positif yang dapat memberikan kesehatan serta keberuntungan bagi seseorang yang memilikinya.

Kini batu akik jenis giok ini banyak diburu di Indoneisa sebagai jenis batu akik yang dipergunakan sebagai mata cincin atau perhiasan lain seperti liontin dan sebagainya. Harga dari batu giok ini bisa mencapati 1 Miliyar Rupiah.

Demikianlah 10 jenis batu akik terpopuler dengan harga mahal versi wartasaranamedia.com yang mungkin bisa memberikan referensi kepada para kolektor batu akik. Dengan referensi ini semoga dapat menemukan batu akik yang tepat untuk anda miliki.

Incoming search terms:

Komentar