Engineering

1001 Bagian Utama dari Komponen Mesin Mobil Lengkap

on

Saat Anda memutuskan akan membeli sebuah kendaraan, mobil khususnya, ada baiknya jika Anda juga mengetahui tentang mesin mobil secara general. Ini bertujuan agar sewaktu-waktu mobil mengalami kerusakan, setidaknya Anda tahu apa yang harus dilakukan sebelum membawanya ke bengkel. Oleh karena itu, mempelajari komponen mesin mobil lengkap juga sangat penting. 
Mesin mobil dibagi menjadi beberapa bagian yang memiliki fungsinya masing-masing. Setiap komponen membentuk sebuah rangkaian yang memiliki peran membuat tenaga. Mesin-mesin tersebut juga yang akan mengubah bahan bakar menjadi tenaga sehingga mobil dapat berjalan. Ada banyak sekali komponen mesin pada mobil, namun untuk pengetahuan umum, berikut ini akan dibahas beberapa saja yang merupakan bagian penting dari mesin mobil.
Komponen mesin mobil lengkap yang akan dijelaskan khususnya adalah yang dipakai untuk bahan bakar bensin atau premium. Bagian yang pertama adalah blok silinder. Komponen yang dibuat dari bahan besi cor ini adalah bentuk dasar yang akan menghubungkan bagian-bagian lain dari mesin mobil.
Untuk membuatnya lebih ringan, besi tuang juga dicampur dengan aluminium yang juga dapat mempercepat proses radiasi. Lalu, di setiap silinder pada komponen ini terpasang piston atau torak pada salah satu ujungnya, sedangkan ujung satunya pada bagian kepala dibuat ruang serta katup untuk proses pembakaran. Untuk bagian bawah blok silinder ini, terdapat juga ruang engkol yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang kelengkapan komponen mesin lainnya termasuk dinamo starter.

Kemudian, ada karter atau bak engkol yang ditempatkan di bawah blok silinder. Di komponen mesin yang dibuat dari bahan baja press inilah oli akan ditampung. Agar tidak terjadi kebocoran seperti oli mesin yang merembes keluar, karter dilengkapi dengan pelapis karet atau sering disebut juga gasket pada beberapa sambungan ventilasi yang terdapat pada bak engkol.
Lalu, pada komponen mesin mobil lengkap terdapat juga kepala silinder. Sama halnya karter, komponen ini juga dilapisi gasket. Terdapat pula beberapa katup dan busi untuk melengkap mesin yang dipasang bersama mantel pendingin

Komponen Mesin Mobil

Selanjutnya ada piston atau sering juga dikenal sebagai torak. Komponen yang terletak dalam silinder ini bekerja dalam kecepatan tinggi. Oleh karena itu, komponen ini haruslah terbuat dari bahan yang tahan terhadap suhu juga tekanan yang tinggi. Di dalam silinder, piston akan bergerak naik turun mengubah tenaga panas menjadi mekanik untuk memadatkan gas. Oleh karena itu silinder terbuat dari bahan yang keras dan padat seperti besi tuang untuk menghindari aus akibat gerakan piston pada dinding silinder.

Selain beberapa bagian yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak beberapa komponen mesin mobil lengkap lainnya. Namun komponen tersebut adalah termasuk yang utama dan penting. Meskipun begitu, komponen lainnya juga berperan penting untuk menjalankan mesin mobil.

Incoming search terms:

Komentar