kesehatan

10 Gangguan Tidur Yang Menakutkan

on

Kebutuhan manusia akan kesehatan tentu saja merupakan prioritas utama manusia dalam menentukan gaya hidup mereka. Dengan berolahraga seseorang mengharapkan memiliki tubuh yang sehat dan mampu bertahan terhadap banyaknya serangan penyakit yang ada di sekitar kita.

Mengkonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi yang lengkap dengan berbagai vitaminnya juga merupakan cara untuk menjaga kesehatan tubuh agar mendapatkan kesehatan yang baik.  Mengatur pola makan juga sangat penting untuk diterapkan dalam gaya hidup sehat anda sehingga anda tidak akan memiliki kesalahan dalam pola makan anda, karena pola makan yang salah juga akan menimbulkan penyakit seperti obesitas dan lainnya.

Selain makan-makanan yang sehat dan olahraga yang rutin maka istirahat yang cukup juga merupakan usaha yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kondisi fitalitas fisik yang baik. Karena seluruh rangkaian kegiatan anda sehari-hari akan membuat otot dan syaraf anda lelah. Hal ini tidak bisa hanya diatasi dengan olahraga dan makanan yang sehat saja, namun membutuhkan istirahat yang cukup untuk kembali memulihkan fisik anda. Istirahat yang baik adalah tidur.

Namun ternyata ada beberapa hal yang membuat istirhat anda juga memiliki beberapa gangguan. Terutama saat tidur, ternyata istiraha tidur tidak mudah dilakukan oleh beberapa orang karena mimiliki masalah yang menggu dalam tidur mereka dan hal tersebut juga bisa menjadi sangat menakutkan. Berikut 10 gangguan tidur yang dianggap menakutkan ::

1.       Gangguan mimpi buruk
Orang dengan gangguan mimpi buruk sering terbangun dengan keringat dingin dan kenangan buruk dalam mimpi yang mengerikan. Hal ini juga akan mengganggu kualitas hidupnya. Karena sebagian dari mereka mungkin takut untuk tidur. Stress dan kurang tidur adalah memicu utama mimpi buruk. Pada kasus yang berat, konseling atau obat penenang mungkinm diperlukan untuk meredakan kecemasan yang mendasari mimpi buruk.
2.       Sleep Walkinh (tidur sambil berjalan)
Sekitar 15% orang dewasa kadang-kadand terbangun dan berjalan seenaknya di sekitar rumah masih dalam keadaan tidur. Pada anak-anak jumlahnya bahkan lebih tinggi. Sleep walking bisa dipicu oleh stress, tidur tidak nyenyak dan genetika. Orang tidur sambil berjalan dapat melakukan apa saja. Mereka mengerti arah, dapat memindahkan perabot, dan membuka pintu.
3.       Teror malam
Berteriak, panik, meronta-ronta dan mondar-mandir adalah gejala orang yang mengalami teror malam. Tidak seperti mimpi buruk yang terjadi selama tidur, terror malam biasanya terjadi di awal malam. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak. Orang yang mengalami terror malam tiba-tiba akan duduk tegak, mata terbuka, meskipun sebenarnya mereka tak melakukan pandangan. Penyebab pastinya belum diketahui. Tapi demam, tidur tidak teratur, dan sters dapat memicu teror malam. Terror malam akan berkurang seiring usia.
4.       Halusinasi mengantuk
Kita biasa melihat hal-hal aneh dalam mimpi. Tapi bagaimana jika kita melihatnya saat sedang tidak bermimpi? Ini disebut dengan hypnagogic hallucinationyang terjadi selama transisi dari bangun tidur.
Orang yang mengalami hypnagogic hallucination biasanya mendengar suara-suara atau melihat hal-hal aneh di dalam kamar mereka.
5.       Syndrome kepala meledak (exploiding head syndrome)
Syndrome kepalameledak tidak benar-benar meledakkan kepala. Gangguan ini terjadi selama tidur nyenyak, ketika orang tiba-tiba terbangun dengan terkejut oleh suara keras dan tajam. Tidak ada rasa sakit atau bahaya yang terjadi pada  syndrome ini. Penyebab pasti syndrome kepala meldakpun belum duketahui pasti, tapi diyakini hal ini terkait dengan penyakit serius.
6.       Kelumpuhan Tidur (sleep paralysis)
Selama tidur, aktivitas dan otot-otot tubuh menjafi tidak bergerak. Ini kelumpuhan sementara, meskipun kadang-kadang kelumpuhan  tetap ada bahkan setelah orang terbangun. Biasanya kelumpuhan tidur diikuti dengan halusinasi. Orang yang mengalami kelumpuhan tidur merasa seperti dihancurkan dan merasa tercekik.
7.       Perilaku gerakan REM (rapid eye movement atau grak bola mata cepat)
Gangguan tidur ini terjadi paling sering pada orang dewasa yang lebih tua, dan dapat merupakan gejala penyakit Parkinson, gangguan neurologis degeneretif.
8.       Gangguan tidur yang berhubungan dengan makanan.
Orang dengan gangguan ini akan makan pada saat malam hari. Biasanya orang yang mengalami ini akan kehilangan sedikit memori di keesokan harinya. Beberapa kasus cukup membahayakan, karena mereka bisa saja menggunakan pisau atau menyalakan kompor.
9.       Seksomnia
Seksomnia atau Sexual Behavior in Sleep (SBS) adalah kebiasaanseksual yang terjadiketika seseorang sedang tidur. Seksomnia dapat mengganggu (erangan seksual yanf keras), berbahaya (masturbasi merugikan) atau bahkan criminal (kekerasan seksual atau pemerkosaan).
10.   Insomnia
Adalah kesulitan atau ketidakmampuan untuk tidur nyenyak. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan kurangnya konsentrasi pada siang hari, dan jangka panjang kurang tidur dapat benar-benar berbahaya. Kurang tidur telah dikaitkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan serangan jantung, diantara gejala buruk lainnya.

Komentar